Zangrandi, Es Krim Legendaris Surabaya

Kalau ngomongin dessert legendaris di Indonesia rasanya hampir semua toko es krim legendaris kompak berdiri sejak tahun 1930-an. Misalnya Rasa Bakery di Bandung, Toko Oen di Malang, Ragusa di Jakarta, begitu juga yang ada di Surabaya ini, Zangrandi, berdiri sejak 1930.

xazzzzzzz-2
super crowded!

Kali ini masih keliling bareng mimin @myfoodprint niih :). Graha Es Krim Zangrandi ini meskipun kesan nuansa bangunan Belanda-nya masih sangat kental tapi auranya fresh, bersih dan memiliki kualitas pelayanan yang gak kalah dengan resto modern. Sebuah nilai plus untuk ukuran resto legendaris. Gak banyak yang bisa membawa kesan ‘legendaris’ tapi gak ‘sendu’ gini. Gak heran deh suasananya selalu ramai.

xazzzzzzz-3

Es Krim Zangrandi dengan tagline “sebuah cita rasa dari kenikmatan klasik”  ini mulanya dibangun oleh keluarga berkebangsaan Italia yaitu Roberto Zangrandi. Pencipta resep es krimnya sendiri adalah Nyonya Roberto Zangrandi. Walau sudah ditinggalkan pemilik aslinya pada tahun 1960, resep-resep dengan bahan alami khas Zangrandi tetap dipertahankan ciri khas dan pengolahannya setelah diperjualbelikan kepada seorang pengusaha winery Indonesia, Adi Tanumulia.

Resep otentik Zangrandi awalnya hanya 4 rasa : vanilla, cokelat, stroberi dan moka. Tapi sekarang sudah ada pengembangan kreasi pilihan rasa baru seperti kopyor, raspberry, dan durian oleh owner barunya. Naaaah, karena kita pengen coba banyak rasa tapi budget terbatas, pilihan kita jatuh ke menu ini.

xaza

Freezing Barbeque, The coldest barbeque ever~! Sensasi kenikmatan es krim vanilla, coklat dan raspberi dengan buah kiwi, persik dan cherry dengan olesan saus coklat. Yummm :9

Teksturnya khas es krim jadul banget, padat, creamy dan gak gampang lumer. Dari ketiga rasanya paling suka yang vanilla soalnya ada harum rhum-nya, uuuh bikin ngefly!

xazzzz

Buat ganjel perut sebelum makan eskrim bisa pesan Beef Sosis Brood disini. 2 pcs pastry yang berlapis-lapis (unik pastrynya empuk tapi crunchy, enaaak) dengan isian beef dan sosis. Simpel tapi enaaak 🙂

Oh iya disini juga disediakan air putih gratis loh~ *bahagia itu sederhana*

xaz

xazzzzzzz-1

Bisa bawa pulang es krim dalam kemasan jadul juga loh buat di rumah/hotel *kalo dibawa ke Bandung ga bisa huhuhu*

Overall Zangrandi ini tempat jadul ter-modern versi kita. Buat kita pribadi ini salah satu contoh pemeliharaan dan pelestarian bangunan arsitektur Belanda yang terawat sangat baik. Jadul gak harus terkesan “bangunan tua yang udah lama berdiri jadi memang agak kusam” kok, dengan pemolesan seperti ini kita jadi bisa membayangkan masa-masa jaya resto saat 1930an yang masih terlihat fresh seperti baru dibuka.

Semoga resto-resto legendaris lainnya lebih berani memoles bangunannya seperti masa-masa kejayaannya dulu ya 🙂

See you again, Zangrandi!

Budget :

Freezing Barbeque – IDR 43.000 nett

Beef Brood Sosis (2 pcs) – IDR 14.000 nett

Zangrandi Ice Cream

Jl. Yos Sudarso No. 15, Surabaya

031-5345820

Open hours : 10 am – 10 pm, Tuesday Closed

Map :

Iklan

Ditulis oleh

Indonesian Food Blogger Based in Bandung. Two person who passionate about culinary, photography and blogging :) Read more at About Us

5 thoughts on “Zangrandi, Es Krim Legendaris Surabaya

  1. Postingannya sangat bermanfaat utk sy nih.. makasih udah share. Salam dari Palangkaraya, kunjungi juga blog cemilan bukan-bukan, bukan keripik bukan kerupuk tapi gurih renyahnya bukan main-main. sikribo.id

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s