Wajib Makan 10 Kuliner Ikan ini Biar gak di-Tenggelamkan!

Video from Twitter @KKPGOID

Beberapa minggu kemarin lagi heboh video Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan kita mengkampanyekan Indonesia makan ikan. Gak ketinggalan di akhir video ada jargonnya yang khas Bu Susi juga nih :

Hasil gambar untuk yang tidak makan ikan saya tenggelamkan
screenshot from Twitter : @KKPGOID

Sebagai tukang makan sejati pastinya gak mau dong mimin ditenggelamin gara-gara gak makan ikan! Hahaha. Setelah ubek-ubek ratusan folder foto makanan, kita baru ngeh….. Ternyata restoran atau cafe yang menyajikan menu ikan gak terlalu banyak ya di Bandung?

Kalaupun ada, biasanya ikan jadi pilihan terakhir yang dipesan. Ranking 1 dan 2 pastinya Ayam dan Sapi. Iya kan? Hayo ngaku! Buat yang bingung mau makan ikan apa dan dimana, kita udah rangkum 10 menu di 10 tempat berbeda yang wajib banget kamu coba biar mulai rajin makan ikan 😀

1.Gurame Terbang, Raja Sunda, Pasteur

xa1 (2)

Cara makan ikan yang paling mudah adalah dengan citarasa Sunda yang udah familiar di lidah. Salah satunya dengan makan Gurame Terbang khas Raja Sunda. Salah satu andalan keluarga setiap makan-makan. Bagian luarnya garing, tapi dagingnya masih basah-basah. Paling enak dimakan pakai sambel terasi dan nasi panas. Slurppp!

2. Gurame Bumbu Kuning, Kalapa Lagoon, Jalan Sumatera
xa10

Masih ikan gurame juga nih, primadonanya ikan air tawar. Kalau yang di Kalapa Lagoon ada versi kuah kuning gini. Sensasi kuah-kuah basahnya nikmat~! Ada versi bakar kecapnya juga yang gak kalah endess 😀

3. Dori with Lemongrass, Parc C, Kidang Pananjung Simpang Dago

xa5 (1)

Kalau gurame biasanya dimakan sekeluarga dan gak sering-sering, menu yang satu ini pas banget buat kamu makan sendiri sehari-hari. Ikan dori yang terkenal banget kelembutan di mulut digoreng dengan lapisan tepung. Tekstur luarnya garing, dalemnya lumerr. Kontras 🙂 Bumbunya mirip cabe garam dengan tambahan irisan lemongrass yang harum. Favorit di Parc C niih.

FYI, ikan dori bukan yang biru di film finding nemo ya. Ini penampakan ikannya~ don’t judge the fish by its cover! Dibalik tampang sangarnya ada kelembutan daging di dalamnya ❤

Hasil gambar untuk ikan dori
source : m.tempo.co

*updated* ternyata dori yang sekarang ini beredar bukan yang diatas (yang atas namanya ikan John Dory aslinya terkenal enak dan mahal!). Kalau yang beredar jadi fish n chips dkk selama ini adalah Ikan Patin Vietnam yang namanya diubah jadi Dori biar lebih Internasional (wes udah kaya nama panggung artis aja ya?). Ini penampakannya :

Hasil gambar untuk ikan dori dan patin
source : http://journeyofspoonandfork.blogspot.co.id/2014/02/asia-fusion.html

Thanks for your info, kak Rusky!

4. Blackbean Tofu Fish & Golden Szechuan Fish, Kingkong Express, Istana Plaza
xa3

Buat kamu yang pengen makan dori ala Chinese Food (HALAL) wajib mampir ke Kingkong Express ini. Bumbunya unik dan anti mainstream, cocok banget dipadukan dengan daging dori lembut yang sudah digoreng tepung.

5. Grilled Fish, Baka Baka Seafood, Babakan Siliwangi

xa10.

Buat kamu yang doyan ikan laut bakar wajib coba ke Baka-Baka Seafood ini niih. Khusus ikan gak dibakar di meja, tapi dibakar langsung di dapur yaaa.

Dari banyak resto yang ada di Bandung, resto masakan Jepang bisa dibilang yang paling banyak punya menu berbahan dasar ikan. Salah satu menu yang paling umum pastinya sushi!

6. Baked SushiSio, Rumah Lezat Simplisio, Karapitan

xa5

Buat yang gak bisa makan sushi ikan mentah wajib coba Baked Sushi disini, ikannya dipanggang dengan keju diatasnya, jadi lebih friendly di lidah orang Indonesia.

7. Salmon Sashimi, Atizuto, PVJ

xa4 (1)

Nah buat kamu yang udah terbiasa dengan raw fish pasti suka nih makan salmon sashimi ini. Rasa manis lembutnya melesat di lidah 🙂

Btw, menu ikan khas jepang gak selamanya sushi dan sashimi aja. Ada juga yang digoreng tepung kayak gini :

8. Karei Kara Age, Saisan Cuisine, Hegarmanah

xa2 SIDE (7)

Jenis ikan Karei (Japanese Flatfish) ini memang jarang kita temukan di resto-resto. Karei fish ini punya aroma gurih yang memikat~ Dagingnya lembut (walau gak selumer dori) digoreng dengan lapisan tepung yang crunchy. Rasanya susah digambarkan deh soalnya beda sama ikan lain, yang pasti enak banget

9. Grilled Saba Fish, Korean 28, Gandapura

xaDSCF4603

Gak cuma Jepang yang punya menu ikan yang enak-enak, Korea juga ada menu ikan yang lumayan hits karena manfaat kesehatannya loh, namanya Grilled Saba! Ikan Saba ini nama lainnya ikan mackerel, terkenal dengan kandungan protein dan omega 3 yang tinggi. Penyajiannya juga lebih sehat karena dibuat matang dengan cara digrill. Biasanya cara makannya ini diwrap di dalam daun selada bersama bawang putih mentah, kimchi dan saus. Disajikan dengan soup Anchovy ala korea juga loh. Masshita!

Kalau tadi kita bahas ikan yang diolah dengan bumbu ala Asia, di Bandung ada juga menu ikan dengan bumbu Western yang wajib dicoba looh :

10. Norwegian Salmon Steak, Justus Steak House, Cimanuk

10. xa1

Norwegian Salmon terkenal dengan teksturnya yang halus dan warnanya yang cantik. Dimasak ala Steak dengan pepper and salt aja bikin rasa kaldu salmon yang alami lebih terasa di lidah. Yumm!

Nah kita udah kasih 10 menu ikan dengan berbagai bumbu~ Mana yang bikin kamu gemes pengen cobain? :9

Ayo Indonesia Makan Ikan!

Iklan

Ditulis oleh

Indonesian Food Blogger Based in Bandung. Two person who passionate about culinary, photography and blogging :) Read more at About Us

4 thoughts on “Wajib Makan 10 Kuliner Ikan ini Biar gak di-Tenggelamkan!

  1. Min..bukannya dori itu ikan patin impor dari vietnam ya?disebut dori buat tujuan marketing aja..ikan patin vietnam emg dagingnya lebih putih bersih dibandingin ikan patin lokal, banyak dijual di supermarket kok dori..dan bukan ikan dori asli yg ngeri kaya difoto itu..cmiiw

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s