*updated!* Ayam Madu Si Bangkong : Resep Leluhur Favorit Mahasiswa sampai Alumni!

IMG_20150413_131138

Setelah banyak ngebahas cafe, restoran, kuliner yang lucu-lucu, tetep aja mahasiswa mah balik lagi makanan sehari-harinya yang murah-murah dan bikin kenyang. Kayak di Kampus Telkom University (dulu STT Telkom, sekarang disingkat Tel-U) di Dayeuhkolot ini, banyak banget makanan enak yang harganya murah.

Salah satu primadona anak kampus Tel-U adalah Ayam Madu Si Bangkong ini. Anak telkom, bukan anak telkom, bahkan alumni telkom banyak yang ketagihan loh sama rasanya.Β Oh iya, kata “Bangkong” disini bukan berarti disini jual bangkong = kodok, tapi nama panggilan ownernya yang kebetulan alumni Tel-U juga.

Senengnya sekarang mereka buka cabang di Bandung! Tepatnya di Jalan Riau no. 85Β dengan tambahan menu Bebek Madu. Wih makin lengkap aja enaknya πŸ™‚

Spesialnya apa sih ayam madu ini…? Kita review bareng yuk!

Ambiance

BABAKAN CIAMIS

Kalau dulu tempatnya di Sukabirus jauh dari gerbang depan, sekarang ayam madu ini ada di jl. babakan ciamis, belok kanan setelah BNI dari gerbang depan. Masuk ke gang dikit, nanti di kiri langsung kelihatan spanduk dan ruangan dengan tembok orange yang terbuka. Tempatnya gak terlalu luas tapi pas kok, soalnya yang makan keluar masuk gak pake nongkrong, dan kebanyakan juga pesan delivery.

*NEW* JL. RIAU

11241504_747262468725686_1108738928_n

Tempatnya ada di halaman toko Old and News seberang kantor Kejaksaan. Kalau dari arah Laswi pasti kelihatan, tapi kalau dari arah BIP rawan kelewatan dan ketutup kios jus. Pokoknya kalau udah kelihatan old and new langsung parkir aja ya πŸ˜€

Walaupun gak terlalu luas tapi bersih dan nyaman loh.

Menu

Begitu dateng, kita langsung disodorin menu sama ibunya yang ramah banget, kalau yang dikasih menu biasanya belum pernah kesini. Rata-rata semuanya datang langsung nyebut “dada, paha, gorengan pake kol, Bu”. Menunya ada Ayam Madu, Lele Sambal Madu, Gorengan, Kol Goreng dan Gado-Gado.Β Soal harga mahasiswa banget deeeh, tapi ada perbedaan beberapa ribu sama cabang Jl. Riau.

IMG_20150413_130808

Gado-Gado (Babakan Ciamis : IDR 7.000 / Jl. Riau IDR 9.000)

Kalau masakan luar negeri punya salad buat appetizer, disini juga ada salad ala Indonesia : Gado-gado! Isinya ada toge, selada, tahu, telur, dan sayur-sayuran lain yang disiram bumbu kacang dan ditabur krupuk. Bumbunya pas dan porsinya lumayan mengganjal perut (kalau berdua, kalau sendiri sih kenyang nih). Next, Main Course~!!

IMG_20150413_130647

Ayam Madu + Nasi + Sambal (IDR 12.000) + Kol Goreng (IDR 2.000)

Di daftar menunya dibilang kalau ayam madu disini menggunakan bumbu pilihan resep leluhur. Beda gak ya sama ayam madu di tempat lain? Ternyata beda banget loh, rasanya belum pernah nemu ayam madu yang seenak ini. Warna kecoklatannya meresap sampai ke dalam soalnya ayam madu disini bukan ayam dioles madu, tapi ayam yang diungkep bumbu rempah dan madu sampai empuk, terus digoreng. Voila~

Karena prosesnya beda dari yang lain, gak heran rasanya juga khas banget. Dagingnya jadi gampang dilepas dan waktu digigit rasa manisnya langsung menyebar ke dalam mulut. Ada sedikit percikan aroma khas karamelnya juga. Kol gorengnya juga wajib dicoba nih soalnya setelah digoreng diberi bumbu racikan lagi loh. Jadi ada rasa asin-asinnya gitu. Yummm!!

Makan ayam rasanya gak lengkap kalau belum pakai sambel, nah disini juga sambelnya khas banget niih

IMG_20150413_130928
Detik-detik menetesnya sambal “cingcalo” ala Ayam Madu Si Bangkong

Udah pengetahuan umum kalau mahasiswa di Telkom ini berasal dari sabang sampai merauke, udah pengetahuan umum juga kalau dari sabang sampai merauke punya rasa “kesukaan” masing-masing. Tapi menu ayam madu ini sudah terbukti jadi favorit semua anak daerah! Kalau suka manis pasti suka ayamnya, kalau suka pedas dan rasa yang strong pasti jatuh hati sama sambel Cingcalo, sambel tomat cincang yang pedas manis dan ada rasa asam segarnya.

11247132_406413679542110_1103252144_n

Kalau di Jl. Riau harga seporsi ayam madu 15.000Β tapiΒ ayamnya gak dibagi-bagi lagi. Pilihannya dada+sayap atau paha atas+paha bawah. Kalau harga kol goreng sih tetep 2.000 (di foto ini kol gorengnya seporsi dibagi dua hehe)

*NEW* BEBEK MADU

11249605_711245658987766_417775178_n

Menu Bebek Madu ini cuma ada di JL. Riau yah! Kulit bebek yang biasanya alot, disini mah beuhhh….copot-copot! Soalnya diungkep sampai empuuuuk banget sama berbagai rempah-rempah. Jadi rasanya juga mantap dan gak amis. Walaupun gak semanis ayam madu tapi tetep juara enaknya!

Liat aja komentar di Instagram #foodnotebdg beberapa waktu yang lalu, banyaaaak banget yang suka (dan jadi kangen gara-gara liat postingan ini) πŸ˜€

testtt

Ini cuma beberapa komen aja loh, kamu belum nyobain? Jauh ke Dayeuhkolot? Ke Jalan Riau aja πŸ˜€


Alamat lengkapnya :Β 

Ayam Madu Si Bangkong

IG : @am_sibangkong

Jl. Babakan Ciamis, Belok Kanan setelah BNI dari gerbang utama

Buka Senin-Sabtu jam 8.30-20.00, bisa Delivery

JL. Riau no. 85 (Halaman Old and New)

Buka Senin-Minggu jam 11.00-23.00, bisa Delivery sepanjang jalan Riau

Xoxo,

@foodnotebdg

Iklan

Ditulis oleh

Indonesian Food Blogger Based in Bandung. Two person who passionate about culinary, photography and blogging :) Read more at About Us

Satu respons untuk β€œ*updated!* Ayam Madu Si Bangkong : Resep Leluhur Favorit Mahasiswa sampai Alumni!”

Komentar ditutup.